Kamis, 23 Oktober 2014

Memilih Jenis Kayu Yang Baik Untuk Kusen

Kusen merupakan bagian terpenting dari rumah karena fungsinya sebagai bingkai yang dipakai untuk memasang pintu dan jendela. Saat ini memang ada kusen yang terbuat dari bahan aluminium tapi kayu masih menjadi pilihan banyak orang.

Berikut ini beberapa jenis kayu yang cocok untuk dijadikan kusen, yaitu:
1.      Jati, jenis kayu ini masih menjadi primadona karena memiliki tekstur yang halus dan serat yang paling bagus, selain itu kayu Jati memiliki karakter yang stabil, awet, tahan lama dan kuat. Kayu Jati juga memiliki kandungan minyak yang tidak disukai oleh binatang sehingga kayu ini bisa tahan dari serangan jamur, rayap maupun serangga. Kayu Jati memiliki karakter yang stabil, awet, tahan lama dan kuat. Harga kayu Jati dibedakan berdasarkan daerah asal, ukuran, kualitas kayunya dan ada juga yang membedakannya berdasarkan seratnya.
2.      Merbau, Jenis kayu Merbau memiliki karakter yang sama kerasnya dengan kayu Jati. Kayu Merbau memiliki warna yang menarik seperti coklat kemerahan dan memunculkan warna terang kuning. Kayu Merbau yang berasal dari Papua memiliki garis putus-putus pada serat kayunya. Warna yang baik untuk kusen punya sifat gelap dan tua, dan sebaiknya finishing yang digunakan pada kusen hanya diberi lapisan melamin saja untuk menonjolkan kekhasan kayu Merbau ini.
3.      Glugu, atau kayu dari batang kelapa bisa dijadikan alternatif membuat kusen pintu dan jendela. Kwalitas terbaik kayu dari batang kelapa ini jika umur pohon sudah enam puluh tahun ke atas dan sudah tidak produktif lagi atau yang sudh tidak berbuah. Serat kayu pada batang kelapa memiliki garis putus-putus dengan warna yang lebih tua dan terlihat jelas, akan nampak lebih jelas jika usia kayu batang kelapa ini berusia tua. Kayu kelapa yang paling bagus berasal dari Sulawesi karena miliki batang yang besar dan tekstur yang sempurna. 
4.      Mahoni, kayu Mahoni juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kusen karena memiliki serat dan tekstur yang halus. Warna pada kayu Mahoni yaitu merah muda dan merah tua, kualitasnya masih dibawah dari kayu Jati, Merbau dan Kelapa. Sesuai dengan kualitasnya harganyapun lebih murah dari kayu Jati, Merbau dan Kelapa. Penggunaan kayu Mahoni sebaiknya hanya dipakai didalam ruangan karena jenis kayu ini tidak tahan terhadap cuaca yang terlalu dingn ataupun panas.

Pemilihan kayu kusen yang anda inginkan tetap memjadi keputusan anda dengan mempertimbangkan dan juga harus menyesuaikan dengan budjet yang anda miliki.