Jumat, 24 Oktober 2014

3 Jenis Batu Palimanan

Batu Palimanan berasal dari daerah Palimanan, batu palimanan termasuk jenis batuan pasir atau sandstone, terbentuk dari butiran-butiran pasir yang telah melalui proses sementasi butiran pasir yang kurang kuat bahkan ada yang sangat lemah. 

Dibandingkan dengan batu stone lainnya seperti batu paras Jogja atau batu paras yang berasal dari Bali, batu palimanan memiliki tinggkat kekerasan/desity yang cukup tinggi. Batu palimanan juga memiliki banyak urat, umumnya berwarna terang seperti putih dan krem. Pada batu palimanan rata-rata memiliki tekstur halus dan sedang pada permukaannya, dengan tingkat homodenitasnya sedang dan ada yang tinggi.


3 Jenis Batu Palimanan berdasarkan corak dan warna, yaitu :
1.      Batu Palimanan Putih atau White Palimo , batu ini memiliki sedikit tekstur lembut dan memiliki tinggat kekerasan yang paling tinggi diantara sandstone lainnya termasuk batu palimanan  jenis yang lainnya.

2.   Batu Palimanan Emas (Palem) atau Golden Palimo, yaitu batu palimanan yang memiliki  warna dasar kemasan dengan corak urat kuning kecoklatan dan memiliki tingkat kekerasan sedang atau lebih rendah dibandingkan dengan White Palimo.

3.     Batu Palimanan Kuning atau Cream Palimo, adalah batu palimanan dengan warna dasar cream dan didominasi warna kuning dengan urat kasar hitam kecoklatan, mempunyai tingkat kekerasan/density rendah bila dibandingkan dengan White Palimo dan Golden Palimo tetapi tetap lebih tinggi tingkat densitynya dibanding dengan batu paras.







  

 
White Palimo

Golden Palimo


Cream Palimo