Jumat, 24 Oktober 2014

5 Jenis Batu Alam Untuk Hiasan Dinding


Indonesia merupakan negara yang kaya, sumber daya alamnya yang luar biasa ini terlihat juga dengan banyaknya jenis batu-batuan yang ada di Indonesia. Beberapa bebatuan alam tersebut diolah dan dimaanfaatkan menjadi seseuatu yang memiliki harga jual tinggi, salah satunya adalah batu alam yang digunakan untuk menghiasi dinding.


Dinding-dinding yang dihiasi batu alam memberikan kesan natural, sejuk dan memiliki gaya tersendiri. Batu alam yang biasa digunakan untuk menghiasi dinding yaitu :

1-Batu Andesit, berasal dari nama pegunungan Andes. Batuan ini merupakan jenis batuan beku vulkanik yang banyak ditemukan pada lingkungan subduksi teknik  perbatasan lautan seperti di pantai barat Amerika Selatan atau daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperi di Indonesia.   
Daerah Cirebon dan Majalengka Jawa Barat merupakan pusat kerajinan dan pemotongan batu Andesit. Batu Andesit yang berasal dari daerah Cirebon umumnya berwarna abu-abu dan terdiri dari 2 jenis yaitu Andesit Bintik dan Andesit Polos. Saat ini Andesit potongan banyak digunakan sebagai hiasan dinding pada rumah.

2-Batu Palimanan, seperti namanya batu ini berasal dari daerah Palimanan . Batu Palimanan termasuk jenis batuan pasir atau sandstone yang terbentuk dari butiran-butiran pasir melalui proses sementasi butiran pasir yang kurang kuat bahkan ada yang sangat lemah. Umumnya berwarna terang (putih, krem) dan banyak yang memiliki urat dan tingkat kekerasan yang tinggi.
Batu Palimanan banyak dijual dalam bentuk potongan ataupun ukiran unik khas Bali yang banyak digunakan di rumah-rumah, restorant, villa maupun hotel-hotel di Bali. Warnanya yang putih atau krem sangat mencolok dan memberi kesan unik.

3-Batu Marmer,   batu ini mudah dikenali dan familiar di masyarakat Indonesia karena banyak pecinta keindahan interior ruangan yang menggunakan batu alam jenis marmer ini. Batu alam dengan jenis marmer ini cukup elegan serta mewah jika, di gunakan sebagai penghias dinding rumah. Bentuknya yang indah eksotis serta mempunyai serat-serat yang halus dan corak warna alami sangat cocok juga di aplikasikan untuk lantai, untuk penghias tiang besar penyangga rumah, untuk dinding serta untuk aksesoris furniture rumah.
Untuk jenis batu marmer lokalan yang terkenal untuk wilayah Jawa ada di daerah Tulung Agung Jawa Timur. Meskipun batu marmer di daerah ini di ambil dari batu-batu gunung setempat namun jenis batu marmer Tulung Agung tidak kalah mewahnya jika di banding dengan jenis marmer import dari China maupun dari Italia.

4-Batu Tempel (Watu Templek ), Batu alam untuk penghias dinding yang natural dan eksotik. Biasanya batu ini dipasang atau ditempelkan pada dinding pagar atau kolam taman.

5-Batu Candi, batu jenis ini sama merupakan bahan untuk membuat candi. Batu ini memiliki tampilan yang sama dengan batu andesit yang  membedakan jenis bebatuan ini adalah sturktur kekerasan yang berbeda. Batu jenis candi cenderung lebih keras di banding dengan jenis batu andesit namun sayangnya batu candi mudah lumutan sehingga memerlukan perawatan yang teratur.



Batu Andesit Polos

 
Batu Andesit Bintik

Batu Palimanan


Batu Marmer


Batu Candi