Sabtu, 25 Oktober 2014

Air Mancur Buatan - Membuat Rumah Terasa Sejuk

Gemericik air di dalam rumah akan membuat suasana rumah menjadi tenang dan sejuk. Pada kepercayaan cina yang dikenal dengan “fengsui“ mempercayai unsur air mempunyai peranan penting di dalam rumah sebagai penyeimbang.


Pembuatan air mancur harus direncanakan dengan baik secara ilmu teknik dan arsitektural, terlepas dari percaya atau tidaknya terhadap fengsui tersebut. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan air mancur di rumah dengan luas tanah yang terbatas.

1.       Karena luas rumah yang terbatas pertimbangkan ketersediaan lahan dan posisi yang akan digunakan menjadi hal utama, sehingga kolam air mancur yang dibuat tidak mengganggu aktifitas.
2.       Ketersediaan sumber air, hal ini sangat penting karena kolam memerlukan air dan ini juga berkaitan dengan besar kecilnya kolam air mancur, semakin besar maka semakin besar juga volume air yang diperlukan.
3.       Perawatan, kolam memerlukan pembersihan dan pengurasan secara berkala sehingga perlu menyediakan saluran pembuangan.


Berikut ini beberapa contoh kolam air mancur yang dapat di taruh dalam ruang yang sempit