Senin, 20 Oktober 2014

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengecat Atau Melukis Dinding.



Jika anda menginginkan dinding yang memiliki tekstur maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menghasilkan cat yang halus dan indah. Pengerjaan mengecat atau melukis dinding yang bertekstur harus dilakukan dengan hati-hati karena jika pengerjaan yang dilakukan tidak benar akan mengakibatkan perbaikkan yang akan membuat anda mengeluarkan banyak uang.  

Pengerjaan mengecat atau melukis dinding sebaiknya dikerjakan oleh tukang yang berpengalaman yang sudah biasa mengerjakan pengecatan terutama pengecatan yang bertektur atau cat finishing. Tektur dinding didapat memiliki banyak motif. 


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengecat atau melukis dinding agar memiliki motif atau tekstur :
1.       Persiapkan dinding dengan menutup retakkan pada dinding atau dinding yang bolong karena bekas paku. Menutup bagian-bagian yang tidak ingin terkena cat dengan lakban, taruh Koran atau kain yang tidak terpakai di lantai untuk menghindari tetesan cat yang mengenai lantai keramik.
2.       Siapkan kuas, roller motif atau spon yang sesuai agar dapat menghasilkan motif yang sesuai dengan pilihan dan selera anda.
3.       Memilih cat yang berkualitas dan warna yang diinginkan. Memperhatikan ketebalan cat pada roll yang digunakan agar hasilnya memiliki ketebalan yang sama, atau hasil dari penggunaan kuas dan spon yang tidak rata.
4.       Menghapus cat-cat yang berceceran dilantai dan merapikan hasil yang kurang memuaskan.
5.       Mengosongkan ruangan yang telah dicat sampai kering terlebih dahulu sebelum ditempati agar hasil cat tidak mendapat gangguan dan menghasilkan hasil yang maksimal.

Pengerjaan pengecatan bertekstur atau bermotif pada dinding memerlukan waktu yang lama dalam proses pengerjaan dan waktu pengeringannya, memiliki ketelitian yang tinggi dan kesabaran agar hasil pengecatan memuaskan.

Hal terbaik untuk pengecatan dinding bermotif adalah menggunakan jasa professional atau tukang-tukang cat yang berpengalaman, kecuali anda memilik kesabaran, ketelitian dan nilai seni karena pengecat bermotif hampir sama dengan proses melukis. Jika anda tidak memiliki jiwa seni dan kesabaran bisa dibayangkan hasilnya, ruangnya menjadi kacau dan tambah berantakan.