Selasa, 23 Februari 2016

Lantai Rumah

Aneka Jenis Pilihan Lantai Rumah

Lantai rumah merupakan bagian dari rumah yang mempunya fungsi yang sangat penting selain untuk menutup lantai, menjaga kaki terutama telapak kaki, juga menambah keindahan rumah itu sendiri. Dalam pemilihan lantai rumah juga perlu diperhatikan tekstur, motif dari bahan penutup lantai dan manfaat yang diperoleh dari penutup lantai yang digunakan dirumah.

Secara umum penutup lantai dibagi menjadi 2 yaitu penutup lantai keras dan penutup lantai lunak, dimana dijelaskan sebagai berikut :

  • Pada penutup lantai keras material finishing akhir yang digunakan dari lantai bangunan yang memiliki tingkat kepadatan dan massa jenis yang besar. Sehingga menjadikan tingkat kekakuannya tinggi atau disebut juga  “keras”. Jenis dari material penutup lantai keras antara lain : Keramik, Homogenous tile atau yang biasa kita sebut dengan Granite tile dan Batu Alam.
  • Penutup Lantai lunak adalah jenis material yang tingkat kepadatannya masuk kedalam kategori lunak. Beberapa jenis diantaranya adalah: Parket (Parquette), Vinyl, dan Karpet.




Karena banyaknya pilihan penutup lantai, banyak orang mengkombinasikan beberapa pilihan penutup lantai yang diterapkan dirumahnya, yang diharapkan rumah menjadi tidak terkesan monoton. Kombinasi warna dan motif lantai juga akan membuat lantai rumah menjadi lebih indah. Lantai rumah mesti diperhitungkan pada saat finishing karena walau tidak terlihat dari luar, tapi yang di rumah akan melihatnya sepanjang hari kita.